Home | Artikel

Sejarah Berdiri


 

Madrasah Aliyah 2 Negeri Klaten yang merupakan salah satu Madrasah Aliyah Negeri terkemuka di Indonesia didirikan berdasarkan alih fungsi dari PGAN Klaten dengan SK menteri agama nomor : 64 tahun 1992 pada tanggal 25 April 1990. Dengan demikian sejarah MAN 2 Klaten tidak bisa dipisahkan dari sejarah PGAN Klaten.

PGAN Klaten pada masanya merupakan lembaga pendidikan yang sangat membanggakan karena sebagian besar alumninya menjadi tokoh yang berpengaruh di masyarakat. Selain itu juga banyak alumni yang menjadi tokoh dan penjabat penting baik di Lingkungan Kementerian Agama maupun di Kementerian lain, sehingga PGAN Klaten sangat dikenal oleh masyarakat Jawa Tengah pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Nama besar PGAN Klaten tersebut berlanjut setelah lembaga pendidikan tersebut beralih fungsi menjadi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Klaten berdasarkan Keputusan Menteri Agama no. 64 tanggal 25 April 1990.

Selanjutnya pada tahun 2015 keluarlah Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 211 Tahun 2015 tentang Perubahan Nama Madrasah Aliyah Negeri, Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Provinsi Jawa Tengah, mememutuskan perubahan nama 39 Madrasah Aliyah Negeri diantaranya MAN Klaten berubah nama menjadi MAN 2 Klaten.

Madrasah Aliyah Negeri adalah lembaga pendidikan umum ditingkat menengah, yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama yang mempunyai keunggulan dibidang pemahaman agama Islam. MAN 2 Klaten yang telah dipilih oleh Kementerian Agama menjadi salah satu MAN Model di Indonesia berdasarkan SK Dirjen Binbaga Islam Nomor E.IV/PP.00.6/KEP/17.A/1998 tanggal 20 Februari 1998 memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi pusat keunggulan akademik dan nonakademik. Hal itu sesuai dengan visi yang diemban yaitu terwujudnya madrasah model sebagai pusat keunggulan dan rujukan dalam kualitas akademik dan nonakademik serta akhlak karimah.

Seiring berjalany awaktu, MAN 2 KLATEN telah menunjukkan eksistensinya sebagai salah satu Madrasah Aliyah terkemuka dan berprestasi di Indonesia. Hal itu ditunjukkan dengan banyaknya prestasi akademik dan nonakademik baik ditingkat lokal, regional maupun nasional bahkan Internasional. Sebanyak 75 persen lulusan MAN Klaten juga telah diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terkemuka di Indonesia antara lain UNIBRAW, UIN, UNEJ, UNS, UNAIR, UNESA, UNDIP, UGM, dsb. 

Namun  demikian, kami menyadari bahwa tantangan dan tanggung jawab dalam dunia pendidikan kedepan tidak mudah sehingga kami harus senantiasa merapatkan barisan guna mempersiapkan diri menjadi bagian dari learning community yang diperhitungkan. Berkenaan dengan hal itu, MAN 2 Klaten siap mengantarkan civitas akademika pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk menjadi lebih baik, berkualitas, dan memiliki keunggulan kompetitif dalam bidangnya.

Salah satu langkah nyata sebagai wujud tanggung jawab kami dalam menjawab tantangan dalam dunia pendidikan yang senantiasa berkembang dan untuk mewujudkan visi dan misi yang diemban, MAN 2 Klaten telah membuat dokumentasi program jangka panjang untuk kurun waktu 5 tahun kedepan dalam bentuk Rencana Strategis (Renstra). Proses penyusunan Rencana Strategis MAN 2 Klaten ini pada prinsipnya diawali dengan melakukan evaluasi diri dengan menggunakan analisis SWOT (stenghts, weaknesses, opportunities, and threats) untuk mengenali kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang kemudian digunakan sebagai dasar dalam perumusan isu-isu strategis. Dalam melakukan analisis SWOT, kami mengacu pada 8 standar pendidikan yaitu standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidikan dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan.

Semoga MAN 2 Klaten kedepan semakin manjadi madrasah pilihan bagi masyarakat, siswa dan lulusan MAN 2 Klaten dapat menjadi insan cendekia yang berakhlakul karimah, bermanfaat bagi masyarakat, nusa, bangsa dan agama. Aaamiinn..

Versi cetak
#sejarah

Artikel Terkait

  • BIDANG SARANA PRASARANA
    BIDANG SARANA PRASARANA
    23 Oktober 2023

      Bidang Sarana Prasarana  

  • BIDANG HUMAS
    BIDANG HUMAS
    23 Oktober 2023

      Keberadaan Humas di sebuah institusi Pendidikan merupakan suatu keharusan secara fungsional dan operasional dalam upaya menyebarluaskan atau mempublikasikan tentang suatu k...

  • BIDANG KESISWAAN
    BIDANG KESISWAAN
    23 Oktober 2023

    NO URAIAN KEGIATAN TARGET 1 PPDB / Sosialisasi Madrasah Menerima siswa baru 2 Pengadaan seragam  siswa Keseragaman dan ...

  • BIDANG KURIKULUM
    BIDANG KURIKULUM
    23 Oktober 2023

    Program Umum Program Umum ini diharapkan menjadi acuan dalam penyusunan program kerja yang akan digunakan  sebagai  dasar  pijak  (starting  point)  ...

  • Rapat Persiapan KBM Ramadhan 1444 H
    Rapat Persiapan KBM Ramadhan 1444 H
    22 Maret 2023

    MAN 2 Klaten >> Memasuki bulan Ramadhan 1444 H, hampir semua muslim berbenah dan besiap menyambut kedatangan bulan nan agung tersebut. Tidak ketinggalan dihampir semua i...

  • Pamflet PPDB
    Pamflet PPDB
    15 Maret 2023



Artikel Terkini



Kalender Harian


« May 2024 »
Minggu
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Sabtu
28 29 30 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31 1
2 3 4 5 6 7 8


Statistik Website


Visitors :272758 Visitor
Hits :868020 hits
Month :58181 Users
Today : 342 Users
Online : 3 Users