Program Umum ini diharapkan menjadi acuan dalam penyusunan program kerja yang akan digunakan sebagai dasar pijak (starting point) di dalam menjalankan tugas pokok Wakamad Kurikulum. Walaupun demikian, program umum ini bukanlah merupakan satu- satunya rujukan yang terbaik.
Adapun materi program dimaksud adalah:
Membangun dan meningkatkan komitmen dan keaktifan peran serta guru mata pelajaran, wali kelas, guru piket, koordinator KBM dan koordinator inklusif guna meningkatkan mutu pembelajaran dan pendidikan di MAN 2 KLATEN .
Mendorong guru mata pelajaran, wali kelas, guru piket, koordinator KBM dan koordinator inklusif untuk menjalankan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.
Meningkatkan peran aktif, proaktif, inovatif dan tanggungjawabnya di dalam merencanakan, menjalankan, menilai dan mengevaluasi etos kerja dan kinerja guru mata pelajaran, wali kelas, guru piket, koordinator KBM dan koordinator inklusif yang berlaku selama satu tahun berjalan.
Meningkatkan peran aktif, kreatif dan inovatif selaku Wakamad Kurikulum. Adapun materi Wakamad Kurikulum dimaksud di atas bisa dijabarkan secara rinci sebagai berikut:
Program Kerja Tahunan
Berdasarkan peran, tugas pokok dan fungsi Wakamad Kurikulum sebagaimana dijelaskan pada bab sebelumnya, maka secara rinci program tahunan Wakamad Kurikulum MAN 2 KLATEN adalah sebagai berikut:
Menyediakan blanko kesediaan waktu mengajar.
Menentukan distribusi jam pelajaran.
Membuat kode guru mata pelajaran dengan pola senioritas.
Membuat kode mata pelajaran sesuai urutan yang ada di buku kurikulum.
Menentukan format baku kerja dan administrasi pembelajaran.
Menentukan jenis-jenis dan format administrasi wali kelas.
Membuat jadwal pelaksanaan sholat dhuha di jam dan hari efektif.
Membuat komposisi wali kelas, guru mapel dan guru piket.
Memeriksa admin wali kelas, seperti: raport, jurnal kelas, leger, buku konseling/buku catatan kasus, buku serah terima raport dan lainnya.
Menyusun jadwal mengajar sesuai kesediaan khusus guru non- TPP.
Menyusun jadwal mengajar bagi penerima TPG mulai Senin s/d Sabtu.
Menentukan bel masuk, bel pergantian jam hingga bel akhir pelajaran.
Membuat rencana pelaksanaan Ulangan Harian, Ulangan Harian Mandiri, Penilaian Tengah Semeseter, Penilaian Akhir Semester, remidi, pengayaan, UAM, Ujian praktek, Try out dan Ujian Nasional.
Membuat kriteria kenaikan & kelulusan dengan merujuk kepada Domnis.
Menentukan jenis administrasi bagi Koordinator KBM.
Membuat jadwal pendampingan wali kelas untuk meng-input nilai raport.
Bersama wakasek Sarpras membuat rencana pengadaan & pengelolaan media/sarana pembelajaran.
Program Semester
Dalam setiap awal dan/atau akhir semester, MTs. Wachid Hasyim Semarang
Wakamad Kurikulum menjalankan sejumlah pekerjaan, di antaranya:
Menyusun dan menjabarkan kalender pendidikan.
Mendampingi pembuatan Buker dan admin pembelajaran per semester.
Menentukan batas akhir pengumpulan Buker per semester.
Memeriksa Buker yg dikumpulkan dan memaraf sebelum disyahkan
Menentukan format Buker dan administrasi pembelajaran lainnya, seperti: Daftar Nilai, Daftar Hadir tatap Muka guru, Jurnal Mengajar, Kontrak Pembelajaran, Buku Catatan Guru dan perangkat lainnya.
Bersama Wakamad Kesiswaan meminta guru mapel membuat Kontrak Pembelajaran di kelas yg diajar.
Menentukan konsep raport dan melakukan pendampingan bagi wali kelas.
Menentukan sistim dan kriteria pembuatan soal PTS, PAS dan lainnya.
Menentukan dan membuat jadwal PTS, PAS, Ujian Praktek dan lainnya.
Menentukan analisis soal sekaligus rencana pengarsipannya.
Menentukan dan membuat rencana koreksi PTS, PAS, dan ujian lainnya.
Menentukan besaran vakasi penilaian dan biaya yang tidak di RAPBM.
Membuat rencana pelaksanaan Ulangan Harian, Ulangan Harian Mandiri, Penilaian Tengah Semeseter, Penilaian Akhir Semester, remidi, pengayaan, UAM, Ujian praktek, Try out dan Ujian Nasional.
Memeriksa administrasi Koordinator KBM.
Membuat jadwal pendampingan wali kelas untuk meng-input nilai raport.
Bersama wakasek Sarpras membuat rencana pengadaan & pengelolaan media/sarana pembelajaran.
Membuat jadwal pendampingan wali kelas untuk meng-input nilai raport.
Bersama wakasek Sarpras membuat rencana pengadaan & pengelolaan media/sarana pembelajaran.
Menjalankan tugas lainnya berdasarkan kreatifitas dengan pertimbangan efektifitas dan efisiensi.
Membuat laporan tentang kinerja guru, wali kelas dan pengawas KBM.
Program Tri Wulan
Program Tri Wulan Wakamad Kurikulum MAN 2 KLATEN diprioritaskan pada hal-hal berikut:
Masuk kelas guna melakukan supervisi formal.
Menentukan sistim dan kriteria pembuatan soal PTS, PAS dan lainnya.
Menentukan dan membuat jadwal PTS, PAS, Ujian Praktek dan lainnya.
Menentukan analisis soal ujian secara online sekaligus rencana pengarsipannya.
Menentukan dan membuat rencana koreksi hasil PTS, PAS, dan lainnya.
Menentukan besaran vakasi penilaian dan biaya yang tidak di RAPBM.
Membuat rencana pelaksanaan Ulangan Harian, Ulangan Harian Mandiri, Penilaian Tengah Semester, Penilaian Akhir Semester, remidi, pengayaan, UAM, Ujian praktek, Try out dan Ujian Nasional.
Melakukan pembinaan dan teguran kepada guru mapel kelas Prestasi.
Menangani semua masalah sarpras LMS bersama Tim IT.
Membina murid kelas Pc terkait pemanfaatan & pemeliharaan laptop.
Menjalankan tugas lainnya berdasarkan kreatifitas dg pertimbangan efektifitas dan efisiensi.
Membuat laporan tentang kinerja guru, wali kelas dan pengawas KBM.
Program Bulanan
Kegiatan Wakamad Kurikulum MTs. Wachid Hasyim Semarang, adalah:
Melakukan pembinaan dan bahkan teguran terhadap kinerja guru lemah.
Melakukan pembinaan, dan bahkan teguran terhadap kerja guru piket.
Meminta guru mapel memanfaatkan media dan alat praktek IPA/Mtk.
Mendorong guru mapel untuk mengajak dan meningkatkan budaya baca murid dengan menggunakan perpustakaan.
Melakukan pendampingan kepada guru untuk membuat materi LMS.
Menggerakkan operator LMS untuk membuat rencana kerja.
Bersama Tim IT melatih guru mapel kelas Prestasi agar mampu menjalankan pemebelajaran berbasis LMS (intranet).
Meminta Tim IT selalu memantau dan mengecek keberadaan materi pembelajaran yang dimiliki oleh masing-masing guru mapel kelas Pc.
Memberdayakan kinerja Koordinator KBM.
Membuat jadwal pendampingan wali kelas untuk meng-input nilai raport.
Bersama wakasek Sarpras membuat rencana pengadaan & pengelolaan media/sarana pembelajaran.
Menjalankan tugas lainnya berdasarkan kreatifitas dengan pertimbangan efektifitas dan efisiensi.
Membuat laporan tentang kinerja guru, wali kelas dan pengawas KBM
Program Mingguan dan/atau Harian
Sedangkan kegiatan mingguan, atau harian Wakamad Kurikukum MTs. Wachid Hasyim Semarang, di antaranya:
Mengajar di kelas sesuai jadwal.
Menggerakkan guru piket sesuai jadwal.
Menerima, atau menolak guru ijin tidak masuk.
Meng-handle guru terlambat datang karena suatu hal.
Menentukan dan menangani serta memeriksa administrasi guru piket.
Meminta bantuan wakamad dan staf lainnya yang tidak mengajar untuk masuk kelas jika jumlah guru yang tidak hadir lebih banyak dari jumlah guru piket.
Mengecek kehadiran guru yang mengajar pada jam pertama.
Menanyakan alasan guru yang datang terlambat.
Meminta guru segera masuk kelas setelah bel masuk sesudah istirahat.
Mengingatkan guru yang sering meninggalkan ruang kelas.
Mengingatkan guru cangkruk dan berdiri di luar kelas saat mengajar.
Mengecak kelas yang gaduh, memukul-mukul bangku dan sejenisnya.
Supervisi informal terhadap keadaan KBM per kelas dari luar kelas.
Sensitive terhadap situasi KBM yang berlangsung.
Memonitor etos kerja guru setiap saat.
Membuat jadwal pendampingan wali kelas untuk meng-input nilai raport.
Bersama wakasek Sarpras membuat rencana pengadaan & pengelolaan media/sarana pembelajaran.
Keberadaan Humas di sebuah institusi Pendidikan merupakan suatu keharusan secara fungsional dan operasional dalam upaya menyebarluaskan atau mempublikasikan tentang suatu k...
MAN 2 Klaten >> Memasuki bulan Ramadhan 1444 H, hampir semua muslim berbenah dan besiap menyambut kedatangan bulan nan agung tersebut. Tidak ketinggalan dihampir semua i...
KEUNGGULAN MADRASAH iLOKAK DAN GLOBAL)
Menururut Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2010 Pasal 1 Butir 34 dinyatakn bahwa Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal adalah pendidikan yan...